Becak Pustaka Mbah Topo Yogya

BANYAK orang besar karyanya kecil, tetapi dibesarkan oleh media.Tetapi banyak orang kecil berkarya besar tidak dibesarkan oleh media. Sehingga tidak dikenal masyarakat.

Maka, kali ini kisah datang dari FX Sutopo, penarik becak berusia 70 tahun yang setiap hari berada di Jalan Bumijo tepatnya di depan kantor BPD DIY.

Pria yang akrab disapa Mbah Topo ini bukanlah penarik becak kayuh biasa. Di becak sederhana berwarna biru miliknya, tampak sebuah rak kayu yang berisi susunan buku yang sengaja ditata rapi.

Buku rohani, pengetahuan umum, majalah hingga biografi tokoh-tokoh nasional macam Bung Karno ada di jajaran susunan buku tersebut. Seketika Mbah Topo bercerita bahwa buku-buku tersebut sebagian merupakan pemberian orang sejak sekitar 10 tahun yang lalu.

“Awalnya saya diberi 10 buku oleh penumpang, kemudian saya punya ide untuk membuat rak di becak saya dan ternyata penumpang suka dan teman-teman penarik becak lain juga demikian. Saya teruskan saja sampai sekarang sampai koleksinya terus bertambah hingga 25 buku,” kisahnya saat berbincang dengan KRjogja.com Rabu (12/7/2017).

Perpustakaan keliling mini ini ternyata membawa berkah tersendiri bagi kakek empat cucu. Betapa tidak, anak-anak di SD sekitarnya mangkal di Bumijo pasti memilih naik becaknya karena ingin membaca sembari menumpang.

“Kebanyakan orang kagum kok becak saya lain dari yang lain. Penumpang juga malah tertarik terutama anak-anak yang minta orangtuanya untuk naik becak saya, malah jadi berkah kan,” imbuhnya.

Kini Mbah Topo berkeinginan untuk terus membudayakan gemar membaca sesuai program yang dicanangkan pemerintah hingga raganya tak mampu lagi menarik becak. Ia pun sangat menerima apabila ada sumbangan buku yang tentu dapat memperkaya koleksi becak perpustakaan miliknya.

“Saya suka sekali kalau ada yang mau ikut membantu menambah buku agar koleksi semakin banyak jadi teman-teman penarik becak dan penumpang tambah wawasan lagi,” harap Mbah Topo.

Mbah Topo sendiri mulai menarik becak sejak 2004 pasca dirinya mundur dari pengambdian kedinasannya.( Fxh)

Sumber/Foto : KRJOGJA.com  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *