Antara Pendidikan dan Peduli Tanpa Syarat

Jalan terjal, tak tertembus sarana pembangunan. Untuk mengenyam pendidikan harus menempuh perjalanan mengarungi tiga bukit pegunungan.

Meski berat, semangat belajar dan ingin mandiri tak pernah padam. Walau minim sarana prasarana para remaja Bukit Selorok, Pandansari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, tak pantang menyerah bergerak memberikan ilmu pendidikan kepada anak-anak desa, yang mayoritas putus sekolah (hanya mengenyam pendidikan hingga tingkat SD).

Faktor jauh dari sekolah, anak-anak Bukit Selorok harus melewati tiga bukit untuk bersekolah, menjadi kendala utama dalam menimba ilmu.

Beruntung, lewat sebuah gerakan Harmony in Diversity, anak-anak Bukit Selorok dapat menimba ilmu pendidikan layaknya anak usia pendidikan.

Di bilik bambu ini, para anak usia sekolah diberi pelajaran umum, serta upaya pelestsrian dan konservasi hutan, yang telah menjadi jantung kehidupan bagi masyarakat Bukit Selorok. “Semangat belajar anak-anak ini harus kita bangkitkan meskipun berada di areal perbukitan,” ujar tokoh agama Zahrul Anzhar Haris atau yang akrab dipanggil Gus Hans, pencetus gerakan kepedulian sosial Harmony in Diversity.

Bersama tim relawan dan HIPSI Jawa Timur, Gus Hans menembus medan melalui tiga bukit penuh jalan terjal. Daerah yang tak jauh dari Surabaya ini, terdapat sebuah desa yang mengajarkan upaya konservasi alam melalui kearifan lokal warga setempat. Minim perhatian, warga desa berjuang terus melestarikan kawasan hutan yang menjadi pelindung kehidupan. “Kami hadir mengapresiasi upaya warga yang memiliki jiwa kepedulian sosial dalam menjaga hutan secara bersama-sama,” terangnya.

Gus Hans berharap semakin banyak elemen masyarakat yang menaruh kepedulian terhadap nasib generasi muda, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Intinya, menjadikan anak-anak menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri yang terus menjaga pelestarian alam. (sumber foto; fb Zahrul Anzhar Hans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *