Pakai Cara yang Menyenangkan Saat Kenalkan Warna ke Si Kecil

warna

Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Si kecil sudah bisa membedakan tujuh warna dasar ini belum, Bun? Biasanya, anak-anak akan memiliki kemampuan mengenali nama-nama warna saat ia beranjak di usia 3-5 tahun.

Pada usia ini, seharusnya si kecil diharapkan mampu mengenal setidaknya empat nama warna dan mengenali warna tersebut dengan tepat, Bun. Karena anak pun akan menggunakan kemampuan visualnya, jangan sampai Bunda tak melatih visualnya sejak dini. Ada banyak cara lho Bun, lima hal ini salah satunya…

GUNAKAN MAKANAN RINGAN SEBAGAI MEDIUM AWAL BUNDA MENGENALKAN WARNA

Bun, cukup taruh makanan ringan tersebut pada sebuah wadah, lalu tantang si anak untuk menyusun makanan tersebut berdasarkan warna-warnanya. Tak hanya makanan ringan seperti sereal atau permen, Bunda juga memanfaatkan beberapa jenis buah, sayuran, bahkan crackers kesukaannya demi mengenalkan warna padanya.

ATAU MINTALAH SI KECIL MEMILIH PAKAIANNYA BERDASARKAN WARNA YA BUN

Latihlah si kecil mengidentifikasi barang-barang yang ada di lemari bajunya. Mintalah ia untuk menyusunnya berdasarkan warna yang sama atau berbeda. Kalau mereka dapat memahami cara ini, dalam beberapa waktu, ajaklah si kecil untuk menyusun pakaian sesuai warna, seperti menempatkan sepasang kaos kaki atau menyocokkan baju dan celana dengan warna senada.

AJARKAN JUGA SOAL PRAKTIK MENCAMPURKAN WARNA YA BUN

Bun, di akhir pekan, selagi Bunda punya banyak waktu, manfaatkan pewarna makanan sebagai medium untuk melatih buah hati semakin mengerti soal warna. Anak-anak dapat berkreasi dengan mencampur warna dan menceritakan tentang warna-warna baru yang telah mereka buat.

Bunda bisa mencontohkannya terlebih dahulu dengan mencampurkan air berwarna biru dan merah kemudian menghasilkan warna ungu. Atau air berwarna kuning dan biru demi mendapatkan warna hijau. Kegiatan semacam ini pasti menyenangkan lho Bun!

PANDU SI KECIL SAAT BERMAIN DENGAN GAWAI TERUTAMA YANG MENGENALKAN SOAL WARNA

Ada banyak mainan edukatif di gawai bunda, salah satunya, permainan Color Me Pete, yang mengajak si kecil bangun dari kursinya dan mulai berinteraksi dengan lingkungannya. Color Me Pete adalah permainan yang meminta pengguna untuk menelusuri lingkungan mereka melalui warna-warna tertentu menggunakan kamera gawai.

Saat si kecil menemukan warna yan cocok, tekan layar untuk memilih. Color Me Pete mengetahui warna yang telah ditekan dan akan memberitahu apakah warnanya cocok atau tidak.

AJAK SI KECIL MENYUSUN LEGO DAN TERLEBIH DAHULU MENYEBUTKAN WARNA BALOK LEGO YANG DIAMBILNYA

Bun, mainan yang satu ini sangat memudahkan Bunda dalam mendemonstrasikan warna pada si kecil. Di waktu senggang, ajak si kecil untuk menyusun lego sesuai pola yang diinginkan, sembari menyusun, Bunda juga bisa memintanya untuk menyebutkan apa warna balok lego yang diambil si kecil.

Dengan begini, tak hanya melatih kemampuannya dalam mengenali bentuk dan struktur, tapi kemampuan visualnya soal warna pun bisa lebih baik lagi lho Bun.